Friday, January 6, 2012

Pembagian Laut dan Samudera Di Dunia

0 comments

PEMBAGIAN LAUT DAN SAMUDERA DIDUNIA SEBAGAI  KOMPONEN PENYUSUN PERMUKAAN BUMI

Komponen utama penyusun permukaan bumi adalah daratan dan lautan. Lautan merupakan komponen terluas yang menyusun permukaan bumi. Lautan menempati hampit 70% dari luas permukaan bumi sedangkan sisanya merupakan bagian dari daratan. Lautan dapat dibagi menjadi dua bagian utama yakni laut dan samudra.


A.             Laut dan Samudera
Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Sedangkan, Samudra adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Laut dan samudera menutup hampir 70% permukaan bumi. Terkadang, orang mencampuradukkan laut dengan samudera. Kebanyakan laut adalah bersambung dengan samudera, kecuali beberapa laut seperti Laut Mati yang dikelilingi daratan. Air di laut merupakan campuran 96.5% air suling dan 3.5% bahan lain seperti garam, gas dan bahan-bahan terlarut lain.
Gambar 1. Kenampakan Laut dan Samudera
Sumber : http://wahw33d.blogspot.com/2010/02/5-lautan-samudera-terdalam-di-dunia.html


B.             Laut dan samudera Penyusun Permukaan Bumi
Ada banyak laut dan samudera di seluruh dunia. Ada yang dalam sementara beberapa yang dangkal. Berikut ini adalah laut dan samudera berdasarkan kedalaman rata-rata bersama dengan beberapa fakta menarik.

1.   Laut
a.   Laut Karibia
Laut Karibia mengambil tempat berikutnya dengan kedalaman rata-rata 2.575 meter. Laut Karibia adalah sebuah laut Samudra Atlantik. Beberapa fakta menarik tentang Laut Karibia adalah:
a.    Laut Karibia adalah salah satu laut dengan kadar garam terbesar yaitu seluas 2.754.000 kilometer persegi.
b.   Cayman Way adalah titik terdalam laut dengan kedalaman 7.686 meter.
c.     Ada dua palung samudera Laut Karibia yang terkenal yaitu "Palung Hispaniola" dan "The Puerto Rico Trench."


 
Gambar 2. Laut Karibia
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

b.    Laut Jepang
Laut ini mengambil tempat kelima dalam daftar samudera terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.666 meter.
a.   Laut Jepang tidak memiliki pasang surut dan karakteristik ini sangat mirip dengan Laut Mediterania.
b.   Laut Jepang dihubungkan dengan laut lainnya oleh 5 selat dangkal. Mereka adalah Selat Tartary, La Perouse Selat, Selat Tsugaru, Selat Kanmon, dan Selat Korea.
c.    Laut Jepang memiliki 3 basis utama, yaitu cekungan Yamato, cekungan Jepang dan cekungan Tsushima.
d.   Tambahan informasi tentang Laut Jepang: Ada ada sengketa penamaan. Jepang mengklaim bahwa nama "Laut Jepang" secara umum diadaptasi pada abad ke-19 sedangkan Korea mengklaim bahwa nama berubah hanya pada abad ke-20; Korea Utara ingin "Laut Jepang" untuk diberi nama sebagai "Laut Timur Korea" sementara Korea Selatan mengusulkan "Laut Timur."

Gambar 3. Laut Jepang
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

c.    Teluk Meksiko:
Teluk Meksiko memiliki kedalaman rata-rata 1.614 meter.
a. Gulf Meksiko adalah badan air kesembilan terbesar di dunia.
b. Titik terdalam adalah di "Sigsbee Deep" 4.384 meter.
c. Tujuh bidang utama Teluk Meksiko, Teluk Meksiko Basin, timur laut Teluk Meksiko, Florida Selatan Landas Kontinen dan Lereng, Campeche Bank, Teluk Campeche, Barat Teluk Meksiko dan Northwest Teluk Meksiko.

Gambar 4. Laut Teluk Meksiko
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

d.   Laut Mediterania
Laut Mediterania adalah laut terdalam berikutnya dalam daftar top 10 samudera terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.501 meter.
a.   Titik terdalam adalah di "Calypso Deep" 5.627 meter.
b.   Laut Mediterania mendapat namanya dari kata Latin "mediterraneus." Ini berarti "di tengah bumi" atau "antara tanah." Laut Mediterania di antara dua benua, Afrika dan Eropa dan ini jelas menjelaskan bagaimana laut ini mendapat namanya.
c.    Kamu dengan mudah dapat mengenali Laut Mediterania dari warna biru yang mendalam.

Gambar 5. Laut Mediterania
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

e.   Laut Bering
Tempat berikutnya pergi ke Laut Bering yang memiliki kedalaman rata-rata 1.491 meter.
a.           Laut Bering mendapat namanya setelah explorer Vitus Bering Denmark yang menjelajahi laut ini pada tahun 1728.
b.   Disana ada 16 ngarai kapal selam di Laut Bering dan "Zhemchug Canyon" adalah kapal selam terbesar.
c.            Beberapa dari spesies satwa liar yang menarik dari Laut Bering termasuk walrus, singa laut Steller, orca, dan beruang kutub. Spesies satwa yang punah di Laut Bering yaitu Bowhead paus, Paus Biru, Paus Sperma, Paus Bungkuk, Paus Pasifik Utara kanan dan Paus Sei.

Gambar 6. Laut Bering
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

f.    Laut Cina Selatan
Laut Cina Selatan mengambil tempat berikutnya dengan kedalaman rata-rata 1.463 meter.
a.           Laut Cina Selatan adalah bagian dari Samudera Pasifik seluas 3.500.000 kilometer persegi.
b.   Laut Cina Selatan, hampir 200 pulau dan karang telah diidentifikasi. Ini disebut sebagai Kepulauan Spratly. Kepulauan Spratly adalah mereka yang meliputi wilayah antara 810 dan 900 km. The Spratly terbesar Pulau diyakini Taiping Kepulauan yang meliputi jarak 1,3 km.
c.            Tablemount Reed atau Bank Reed, sebuah gunung bawah laut di Laut Cina Selatan adalah struktur terendam atol terbesar di dunia.

Gambar 7. Laut Cina Selatan
Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html

g.   Laut Hitam
Laut Hitam mengklaim posisi kesepuluh di antara 10 atas lautan terdalam dan laut dengan kedalaman rata-rata 1.190 meter.
a.           Laut Hitam meliputi area seluas 436.400 kilometer persegi (Laut Azov dikecualikan.)
b.   Laut Hitam merupakan cekungan meromictic terbesar di dunia. cekungan Meromictic adalah salah satu tempat air yang dalam dan lapisan air atas tidak tercampur
c.            Diyakini bahwa Laut Hitam adalah danau air tawar yang terkurung daratan selama zaman es sebagian arkeolog mampu menemukan cangkang siput air tawar dan berbagai-man struktur dibuat di sekitar 100 m air.

2.   Samudera
a.   Samudera Artik
Samudera artik menempati peringkat kelima sebagai samudera terbesar di dunia dengan luas 14.056.000 km2. Samudera ini terletak di kawasan artik kutub utara. Sebagian dari samudera artik merupakan bagian yang tertutup oleh es sepanjang tahunnya. Hewan yang hidup di samudera artik seperti beruang kutub, anjing laut, paus, ubur-ubur surai singa dan ikan laut banded gunnel. Dalam tahun-tahun terakhir ini ilmuwan telah mencatat terjadinya peningkatan penipisan pada lapisan es artik dan terbentuknya lubang-lubang ozone di langit sebagai hasil dari pemanasan global. Hal ini membuat sebuah penelitian berpendapat bahwa artik dapat kehilangan lapisan esnya sepanjang sejarah manusia antara tahun 2012 dan 2040.2. 

b.   Samudera selatan
Samudera selatan atau yang lebih dikenal dengan nama laut selatan merupakan samudera terbesar keempat di dunia dengan luas samuderanya mencapai 20.327.000 km2. Samudera ini juga sering dikenal dengan nama samudera kutub selatan karena lokasinya yang berada di sekitar kutub selatan.
Berbeda dengan kutub utara, kutub selatan lebih bersahabat untuk ditinggali sehingga terdapat setidaknya lima pelabuhan yang beroperasi di tubuh selatan seperti stasiun rothera, stasiun palmer, villa las esterllas, markas esperanza, dan stasiun marsow. Banyak peneliti menemukan makhluk hidup baru di dasar laut samudera selatan.

c.    Samudera Hindia
Samudera Hindia memilik luas 68.556.000 km2. Samudera ini dikelilingi oleh berbagai benua yaitu benua australia, afrika dan asia. Letaknya terdapat di bagian selatan benua asia. Indonesia sendiri memiliki kontak langsung dengan  air laut samudera hindia pada pulau jawa, bali, kalimantan, dan merupakan pertemuan sungai laut disekitarnya.
Diperkirakan terdapat setidaknya 292.131.000km kubik air yang tertampung di samudera ini. Samudera hindia memegang peranan penting dalam kehidupan manusia saat ini karena merupakan sumber penghasil ikan, tumbuhan laut seperti terumbu karang dan rumput laut bagi berbagai negara dan jalur perdangangan laut internasional. Adapun binatang yang terancam punah yang berada di samudera ini adalah ikan laut dugong, anjing laut, kura-kura dan ikan paus. Samudera Hindia masih banyak menyimpan beragam mahkluk
hidup di dasar laut yang luas ini.

d.   Samudera Atlantik
Merupakan samudera kedua terbesar di dunia dengan luas 106.400.000 km2 dan merupakan 26% jumlah dari lapisan air laut di dunia. Samudera ini terletak antara bagian timur benua amerika dan bagian barat benua afrika. Samudera Atlantik memiliki kandungan minyak mentah yang berlimpah dan merupakan sumber penangkapan ikan terkaya di dunia, hal ini
karena terdapat banyak ikan bernilai ekonomis tinggi di sepanjang samudera ini seperti makarel, cod, herring, haddock, dan hake. Sedangkan di pesisir luatnya digunakan untuk memanen rumput laut. Namun populasi ikan laut di samudera Atlantik terus menurun hal ini karena penangkapan yang berlebihan dan kawasan samudera kian tercemar oleh limbah yang berasal dari konsumsi manusia.

e.           Samudera Pasifik
Samudera Pasifik adalah samudera terluas di dunia dengan luas air laut nya mencapai 165.200.000 km2 dan merupakan 46% jumlah dari lapisan air di dunia. Fakta menariknya adalah ternyata luas samudera pasifik lebih luas daripada pemukaan darat bumi ini. Samudera ini menampung 622.000.000 kubik km air di dalamnya. Salah satu aset terbesar di samudera pasifik yaitu ikan laut seperti herring, salmon, sarden, snapper, ikan pedang tuna, dan kerang di dasar laut.

Gambar 8. Laut Cina Selatan
Sumber : http://wahw33d.blogspot.com/2010/02/5-lautan-samudera-terdalam-di-dunia.html

Karena merupakan samudera terluas, samudera pasifik juga termasuk samudera yang paling parah polusinya, dengan banyaknya sampah yang hanyut ke laut maupun limbah membuatnya tercemar. Banyak limbah yang mengapung di samudra nantinya akan terbawa ke pantai lain seiring dengan arah arus samudra.


REFERENSI

Romimohtarto, K. dan Juwana, S.2007. BIOLOGI LAUT : Ilmu Pengetahuan Tentang Laut. Jakarta : Djambatan.
Nontji, A.2007. LAUT NUSANTARA. Jakarta : Djambatan.
http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-samudra-dan-laut-terdalam-di-planet_12.html
http://wahw33d.blogspot.com/2010/02/5-lautan-samudera-terdalam-di-dunia.html

No comments: